Sebanyak 65 Kepala Keluarga (KK) di Desa Siru, Kecamatan Lembor, Kabupaten Manggarai Barat mendapatkan bantuan Sanitasi MCK dari Dinas Cipta Karya, SDA dan Tata Ruang Kabupaten Manggarai Barat.

Kepala Desa Siru, Sumardi, Jumat (8/12/2023) mengatakan, bantuan 65 MCK merupakan program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM).Bantuan tersebut diperuntukan bagi 65 KK yang tersebar di seluruh kampung di Desa Siru.

Ia merincikan, bantuan MCK sebanyak 65 unit itu tersebar di Kampung Kolong 25 unit, Pongtopak 15 Unit dan Kampung Lita sebanyak 25 unit.

<span;> “Pembangunan toilet ini oleh pemerintah adalah bentuk implementasi dari salah satu pilar STBM, yakni Stop Buang Air Besar Sembarangan,” rinci Sumardi.

Sumardi menyampaikan, pembangunan puluhan MCK bertujuan mewujudkan perilaku masyarakat yang higenis dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Kebutuhan MCK sangat mendesak untuk mendukung sanitasi yang baik agar kesehatan masyarakat bisa terjaga.

Menurutnya, 56 kepala keluarga penerima bantuan ini merasa senang dan terbantu, karena apa yang di impikan selama ini bisa terwujud untuk memiliki MCK sendiri.

“Sebagai Kepala Desa dan masyarakat termasuk calon penerima yang menerima bantuan sangat berterima kasih kepada Dinas Cipta Karya, SDA dan Tata Ruang Kabupaten Manggarai Barat yang telah memberikan bantuan ini.” Ungkap Sumardi.

Warga Desa Siru, Ahmad Nusi menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manggarai Barat yang telah membantu upaya menjaga kebersihan dan kesehatan masyarakat, dengan cara menyediakan fasilitas penunjangnya.

“Mudah-mudahan ini bisa lebih meningkatkan kebersihan dan sanitasi dan kesehatan warga Desa Siru,” harapnya.***

(Telah Dibaca 12 kali, 1 Pengunjung hari ini)
Bagikan Berita