Geografi, Demografi dan Batas Wilayah

Geografi

Desa Siru merupakan salah satu Desa yang berada di Kecamatan Lembor, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Desa Siru adalah desa agraris, sebagian besar mata pencaharian penduduknya adalah petani sawah, petani ladang dan peternak.

Desa Siru relative subur, dengan curah hujan yang tinggi dan beriklim tropis. Desa Siru adalah daerah irigasi persawahan Lembor.

 

Demografi

Ada empat suku (batu) besar di Desa Siru, yaitu batu Tere, batu Ndahe, batu Pa’ang dan batu jombok. Keempat batu tersebut berasal dari rumpun keluarga yang sama, yaitu keluarga Siru.

Masyarakat Siru sangat terbuka (inklusif) terhadap perubahan. Mayoritas penduduk Desa Siru beragama Islam, kemudian disusul Agama Katholik. Mereka hidup berdampingan dan harmonis, toleransinya juga sangat kuat.

Tidak ada benturan social karena faktor berbeda keyakinan. Di Siru ikatan kekeluargaan jauh lebih kuat dari ikatan idelogis.

Ciri khas masyarakat Siru adalah suka bergaul. Gaya bicaranya sangat terbuka, demokratis dan menghargai pluralitas.

Desa Siru terdiri dari 15 Rukun Warga (RT) 6 dusun, yaitu Dusun Watu Lendo, Dusun Wongkol Kampas, Dusun Ngalor Kalo, Dusun Kolong, Dusun Poco Ndoang dan Dusun Pongtopak.

 

Batas Wilayah

  • Bagian utara berbatasan dengan Desa Golo Ronggot, Kec. Welak
  • Bagian Timur berbatasan dengan Desa Poco Rutang, Kec. Lembor
  • Bagian Barat berbatasan dengan Desa Wae Wako, Kec. Lembor
  • Bagian Selatan berbatasan dengan Kelurahan Tangge, Kec. Lembor
(Telah Dibaca 14 kali, 1 Pengunjung hari ini)