Staff Kantor Wilayah Kementrian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Nusa Tenggara Timur, melakukan kunjungan ke Pesantren Alam Tahfidzul Qur’an Kolong Desa Siru, Kec. Lembor, Kab. Manggarai Barat.

Kunjungan tersebut dalam rangka melakukan verifikasi faktual keberadaan Pesantren di Manggarai Barat, salah satunya di Pesantren Kolong.

Naji Harif Kampo, Staff Pendidikan Diniyah dan Pesantren, Bidang Pendidikan Islam Kanwil Kemenag Provinsi NTT, dalam sambutanya menyampaikan, proses izin pesantren harus dilakukan dari bawah, kemudian dilakukan verifikasi administrasi oleh Kemenag Kabupaten, untuk kemudian diusulkan ke Kemenag Provinsi.

Ada lima persyaratan utama untuk mendirikan pesantren, yakni ada Kyiai atau pimpinan pesantren, ada santri, ada asrama untuk bermukim santri, ada masjid atau musholla, ada kajian kitab.

Jika dilihat dari persyartan – persyaratan diatas, Pesantren Kolong sudah layak dan memenuhi syarat untuk dikeluarkan izin operasional. jelas Naji Harif Kampo.

Lebih lanjut Naji Harif Kampo berkomitmen, akan mendorong Pesantren Kolong untuk mengeluarkan izin operasional sesuai tupokasi yang diamanatkan undang – undang kepada dirinya.

Sementara itu, Fadli Daud, Pimpinan Pesantren Alam Tahfidzul Qur’an Kolong, Desa Siru, dalam sambutanya menyampaikan, jumlah santri bermukim dipesantren Kolong 67 orang, Ada dua orang santri Pesantren Kolong, yang hafalan Qur’anya sudah sampai 15 Juz.

Kepala Desa Siru, Sumardi, dalam kesempatan tersebut juga meminta masyarakat Kampung Kolong, untuk terus mendukung keberadaan Pesantren.

Kita patut bersyukur, Pesantren ini di tengah – tengah kampung kita, tempat untuk membina dan menempa anak – anak kita menjadi anak – anak yang cinta Qur’an, Agama dan Bangsa, yang kelak akan mengharumkan nama Kampung Kolong Desa Siru.

Kita juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Ustadz Fadli Daud, yang tekun dan dengan sabar membina dan mendidik anak – anak kita menjadi penghapal Qur’an.

Kunjungan Kanwil Kemenag Provinsi ke Pesantren Kolong juga didampingi oleh Kemenag Kabupaten Manggarai Barat.

(Telah Dibaca 28 kali, 1 Pengunjung hari ini)
Bagikan Berita