Pemerintah Desa Siru, Kec. Lembor, Kab. Manggarai Barat, membagikan 4.000 stek vanili kepada sejumlah warga, melalui program ketahanan pangan dan hewani tahun anggaran 2022.

“Pembagian stek vanili ini dilakukan pada kelompok tani vanili yang ada di Kampung Lita, Dusun Pongtopak,” ungkap Sumardi.

Kepala Desa Sumardi menjelaskan, kondisi geografis kampung Lita, serta banyaknya warga yang kebunya dekat dengan sumber air, memungkinkan untuk dilakukan penanaman vanili.

Pemerintah Desa mendorong warga yang mendapat bantuan stek vanili, untuk serius dan fokus menanam, dan merawat vanili hingga bisa mendapatkan hasil yang memuaskan.

“Untuk di Kampung Lita, sudah ada salah satu warga yakni, Yusuf Satu, yang sukses menanam vanili, dan kini ia sudah mulai panen vanilinya. Saya berharap warga Lita bisa belajar dari Yusuf Satu, untuk memelihara dan merawat vanilinya,” jelas Sumardi.

Dikatakan Kades Sumardi, Komoditas vanili sangat menjajikan, dan butuh ketekunan dan kesabaran yang cukup untuk merawatnya, karena masa panennya kurang lebih 2 atau 3 tahun setelah masa tanam.

Kades Siru optimis dan berkeyakinan, jika warga tekun dan sabar dalam memelihara dan merawat vanili, pasti akan berdampak pada peningkatan ekonomi keluarga.

(Telah Dibaca 34 kali, 1 Pengunjung hari ini)
Bagikan Berita