Pemerintah Desa Siru, Kecamatan Lembor, Kabupaten Manggarai Barat, mengambil langkah dalam mendukung ketahanan pangan dengan mendistribusikan 1,6 ton benih padi varietas Inpari 32 kepada masyarakat petani yang tinggal di wilayah tersebut pada Selasa, 7 November 2023.

Penyerahan bantuan ini berlangsung di kantor Desa Siru dan merupakan implementasi dari program ketahanan pangan yang bersumber dari Dana Desa tahun anggaran 2023.

Bantuan benih padi ini tidak hanya sekedar simbolik, melainkan memiliki dampak yang signifikan dalam upaya meningkatkan produktivitas pertanian dan mengatasi kelangkaan pangan di Desa Siru.

Sebanyak 320 petani menerima bantuan ini, dengan setiap keluarga penerima manfaat (KPM) mendapatkan 5 kg benih padi. Dengan jumlah yang cukup besar, bantuan ini mampu menjangkau sekitar 80 hektar sawah yang tersebar di Desa Siru.

Pemdes Siru Distribusi 1,6 Ton Benih Padi Inpari 32 kepada Petani untuk Meningkatkan Ketahanan Pangan.

Sumardi, Kepala Desa Siru, sangat menyadari pentingnya upaya ini. Ia menyatakan bahwa program ini adalah langkah serius dalam mengatasi masalah kelangkaan benih padi selama musim tanam (MT) I dari Oktober hingga Maret.

Kades Sumardi juga mengingatkan pentingnya peran petani dalam perekonomian Desa Siru, yang merupakan tulang punggung utama dalam mencapai swasembada pangan di wilayah tersebut.

Petani adalah tiang dan tulang punggung perekonomian di Desa, yang memang harus menjandi perhatian serius pemerintah Desa guna tercipatnya swasembada pangan di Desa.” ujar, Sumardi.

Selain itu, Ketua Kelompok Tani Tekad Makmur B, Syamsudin, memberikan apresiasi kepada Pemerintah Desa Siru atas bantuan berharga ini. Menurutnya, bantuan benih padi varietas Inpari 32 akan sangat membantu para petani di Desa Siru.

Syamsudin juga mengingatkan rekan-rekannya untuk bersungguh-sungguh dalam mengelola lahan mereka agar produktivitas pertanian meningkat.

 “ Dengan pendistribusian benih padi ini, diharapkan masyarakat petani di Desa Siru dapat meningkatkan hasil panen, sehingga menciptakan keinginan pangan dan kesejahteraan bagi petani.” tuturnya

(Telah Dibaca 46 kali, 1 Pengunjung hari ini)
Bagikan Berita