POS-KUPANG.COM | LABUAN BAJO – – Warga Desa Siru, Kecamatan Lembor, Kabupaten Manggarai Barat (Mabar) antusias mengikuti sosialisasi pendidikan pemilih yang diselenggarakan di Kantor Desa itu.

Kepala Desa Siru Sumardi, kepada POS-KUPANG.COM, Kamis (21/11/2019) menyampaikan bahwa sosialisasi pendidikan pemilih itu menghadirkan komisioner KPU Mabar Krispianus Bheda dan berlangsung di Kantor Desa, Rabu (20/11/2019).

“Dalam rangka meningkatkan partisipasi pemilih dan pemahaman warga Siru, khususnya pemilih pemula tentang pemilihan umum, Pemerintah Desa Siru menggandeng Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Mabar, untuk melakukan sosialisasi pendidikan pemilih di kantor Desa Siru,” kata Sumardi.

Menurutnya, sosialisasi pendidikan pemilih menjadi relevan dalam penyelenggaraan Pemilu, untuk menjawab tantangan dan persoalan yang kerap terjadi dari Pemilu ke Pemilu, seperti belum maksimalnya tingkat partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak suaranya.]

“Pendidikan pemilih menjadi jantung penyelenggaraan Pemilu untuk menciptakan pemilih yang rasional, yakni pemilih yang menentukan pilihannya bukan karena adanya tekanan, maupun politik uang, melainkan memilih karena visi, misi, dan program calon yang akan dipilihnya,” kata Sumardi.

Salah seorang pemilih pemula, Muhammad Yusron, menyampaikan apresiasinya atas kegiatan tersebut.

“Saya pribadi merasa senang karena dengan sosialisasi pendidikan pemilih, mendapatkan banyak ilmu dan pengetahuan. Memahami banyak hal tentang demokrasi dan Pemilu,” kata Yusron, siswa kelas XII MA Jabal Nur Watu Lendo, Desa Siru ini. (Laporan reporter pos-kupang.com, servatinus mammilianus)

(Telah Dibaca 23 kali, 1 Pengunjung hari ini)
Bagikan Berita