Pemerintah Desa Siru, Kec. Lembor, Kab. Manggarai Barat, melaunching website www.siru.desa.id, berbasis Sistem Informasi Desa (SID), di Kantor Desa Siru. (28/01/2021).

Pius Baut, SE, Camat Lembor, dalam sambutan ketika melaunching website desa ini mengatakan, ini adalah terobosan baru dalam melayani masyarakat ditengah pandemi covid 19.

” Kita patut memberikan apresiasi kepada pemerintah desa siru, atas inovasinya yang sudah mulai menggunakan teknologi informasi dalam melayani administrasi masyarkat “. Ujar, Pius Baut.

Kepala Desa Siru, Sumardi, mengatakan, selain sebagai media informasi, website ini juga memiliki fitur sistem informasi desa, data kependudukan, pelayanan administrasi, data pemerintahan, layanan administrasi, APBDes dan statistik desa.

Aplikasi pengelola informasi desa ini, juga dapat digunakan secara mandiri oleh perangkat desa, dan sangat mendukung tugas perangkat desa dalam mengelola data kependudukan desa.

Selain beberapa fitur diatas, aplikasi kecerdesan buatan ini juga memiliki fitur pelayanan online di www.siru.desa.id/permohonan.

Warga cukup membuka link layanan online diatas, kemudian mengisi NIK dan nomor KK, pilih jenis surat administrasi yang hendak dibuat, kemudian isi form yang tersedia.

Form yang sudah terisi secara otomatis masuk server sistem informasi desa, untuk dilakukan verifikasi oleh pemerintah desa. Setelah di verifikasi, surat tersebut bisa langsung diprint untuk ditanda tangani.

(Telah Dibaca 9 kali, 1 Pengunjung hari ini)
Bagikan Berita