Pemerintah Desa Siru, Kecamatan Lembor, Kabupaten Manggarai Barat, menggelontorkan Dana Desa Tahun Anggaran 2021, untuk membangun sarana air minum bersih menggunakan Sistem Pompa Tenaga Surya (Solar Cell).

Teknologi ramah lingkungan ini, menjadi solusi bagi daerah yang dilanda kekeringan, dan sulit mendapatkan air minum bersih.

Kepala Desa Siru Sumardi, menyampaikan,  teknologi energi terbarukan ini sangat membantu masyarakat Kampung Mboleng, Dusun Pongtopak Desa Siru, yang kesulitan mendapatkan air minum bersih.

Sumardi, juga mengajak masyarakat Mboleng untuk menjaga dan merawat air minum tersebut, agar bisa bertahan lama, serta menggalakkan gerakan menanam pohon di sekitar sumber mata air.

Program air minum bersih yang menggunakan tenaga surya ini, bersumber dari air Wae Cancor Mboleng yang berada sekitar 450 meter lebih rendah dari pada perkampungan warga.

Jika sebelumnya, warga menghabiskan satu sampai dua jam untuk mengambil air di Wae Cancor, kini warga bisa mengambil air ditengah Kampung.

Sumardi menambahkan, Pemerintah Desa memiliki kewajiban dan tanggung jawab, untuk memenuhi semua kebutuhan dasar masyarakat, termasuk air minum bersih di Kampung Mboleng, Dusun Pongtopak.

Syamsudin, salah satu tokoh masyarakat Kampung Mboleng, Dusun Pongtopak, menyampaikan, terima kasih kepada Pemerintah Desa yang menghadirkan air di tengah Kampungnya.

Selain di Kampung Mboleng, tahun 2021 Pemerintah Manggarai Barat, melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, juga membangun sarana air minum bersih menggunakan sistem pompa tenaga surya di Kampung Lita, Dusun Pongtopak.

 

 

(Telah Dibaca 17 kali, 1 Pengunjung hari ini)
Bagikan Berita