Pemerintah Desa Siru, Kec. Lembor, Kab. Manggarai Barat, bersama UPTD. Puskesmas Wae Nakeng melaunching Posyandu Kesehatan Jiwa di Kantor Desa Siru, (25/11/2021).

Pelaksanaan Posyandu Kesehatan Jiwa nantinya akan membantu para penderita dengan gejala Orang Dengan Gejala Gangguan Jiwa (ODGJ) untuk diberikan perhatian khusus.

Sariman Syukur, Plt. Kepala UPTD. Puskesmas Wae Nakeng, dalam sambutanya menjelaskan, ini awal yang baik untuk membantu masyarakat yang berkebutuhan khusus, agar sejajar dengan masyarakat yang lainya.

Sementara itu, Detty, dari Seksi Kesehatan Jiwa Dinas Kesehatan Manggarai Barat, mengapresiasi Desa Siru yang merespon program ini, dan sudah mengalokasikan APBDes tahun 2021 untuk pengadaan obat ODGJ.

Selain Luanching Posyandu Kesehatan Jiwa, pada kesempatan tersebut juga di lakukan penyuluhan kesehatan jiwa disampaikan oleh dr. Lilik, Aventinus Sarjo dan Laurens dari UPTD. Puskesmas Wae Nakeng.

Posyandu Kesehatan Jiwa ini bertujuan untuk mencegah, serta mengurangi resiko seseorang yang mengalami gangguan jiwa, dan memberikan pengobatan dan terapi bagi mereka yang mengalami ganngguan jiwa di wilayah UPTD. Puskesmas Wae Nakeng.

Kepala Desa Siru, Sumardi, memberikan apresiasi kepada UPTD. Puskesmas Wae Nakeng yang sudah memilih Desa Siru untuk melaunching Posyandu Kesehatan Jiwa.

Dengan diadakanya Posyandu Kesehatan Jiwa, nantinya masyarakat Desa bisa berkonsultasi, dengan tenaga kesehatan terkait dengan masalah kejiwaan warga “. Jelas, Sumardi.

Ada tujuh orang dengan gejala ODGJ di Desa Siru, yang membutuhkan perhatian khusus di Desa Siru.

Launching Posyandu Kesehatan Jiwa ini dihadiri oleh tokoh masyarakat, tokoh agama, kader posyandu, anggota BPD, perangkat Desa dan unsur masyarakat lainya.

(Telah Dibaca 34 kali, 1 Pengunjung hari ini)
Bagikan Berita